Gambaran Indikasi Persalinan Seksio Sesarea Di Ruang Bersalin RSU

Gambaran Indikasi Persalinan Seksio Sesarea Di Ruang Bersalin RSU:

Dalam 30 tahun terakhir, peristiwa operasi seksio sesarea meningkat dengan pesat. Salah satu komplikasi yang sering terjadi pada persalinan dengan seksio sesarea adalah kematian maternal masih 2 sampai 46 kali lebih tinggi dari pada persalinan pervaginam. Namun tindakan ini masih sering dilakukan kebanyakan beralasan tetapi beberapa juga tidak mempunyai alasan yang tepat, hanya karena pasien menginginkan operasi atau dokter menginginkan cara yang mudah. Di Negara-negara maju frekuensi secsio caesarea berkisar antara l,5 dan 7% dari semua persalinan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran indikasi persalinan seksio sesarea tahun 2009 yang  dilaksanakan di ruang bersalin RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah pada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif guna menggambarkan indikasi persalinan seksio sesarea RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah tahun 2009 yang berjumlah 209 persalinan yang kseluruhannya menjadi sampel dalam penelitian ini dengan tehnik total populasi  sebanyak 209 persalinan. Variabel yang diteliti adalah indikasi persalinan seksio sesarea dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar checklist yang kemudian dianalisa univariat dengan menggunakan rumus distrbusi frekuensi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikasi persalinan dengan secsio cesarea di RSD Demang Sepulau Raya pada tahun 2009 terbanyak adalah Kelainan letak janin (18,18%), Ketuban Pecah Dini (17,70), Partus tak maju (16,75%), Pre eklamsia berat (15,79%), Kelainan letak plasenta (13,88%), Riwayat persalinan sungsang sebelumnya (9,09%) dan terkecil CPD (8,61%).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gambaran indikasi persalinan seksio sesarea RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah tahun 2009, secara umum adalah dengan indikasi kelainan letak. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada instansi terkait untuk dapat pelayanan kebidanan khususnya pada ibu bersalin dengan indikasi secsio cesarea.
Kata kunci : Indikasi Persalinan, Seksio Sesarea
Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s