Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Senam Hamil

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Senam Hamil:

Partus Lama merupakan salah satu dari beberapa penyebab kematian ibu dan bayi baru lahir. Partus lama rata-rata di dunia menyebabkan kematian ibu sebesar 8 % dan di Indonesia sebesar 9 %. Angka kematian ibu pada tahun 2005 di Kabupaten Lampung Tengah sebanyak 18 kasus. Setiap tahun terjadi fluktuasi angka kematian ibu, dimana pada tahun 2001 terjadi 13 kasus, tahun 2002 sebanyak 9 kasus, tahun 2003 terjadi 20 kasus dan tahun 2004 sebanyak 19 kasus. Penyebab kematian ibu terjadi karena partus lama (4,6%). Kejadian partus lama di BPS Ardiana pada tahun 2009 adalah 15 kasus dari 81 persalinan yaitu 18,51 %.
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil di BPS Ardiana Kampung Mujirahayu Lampung Tengah Tahun 2010. Subyek Penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Kampung Mujirahayu yang melakukan kunjungan kehamilan di BPS Ardiana Lampung Tengah Tahun 2010. Obyek Penelitian ini adalah pengetahuan tentang senam hamil.
Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah seluruh ibu hamil di Kampung Mujirahayu yang melakukan kunjungan kehamilan di BPS Ardiana pada waktu penelitian ini dilakukan yaitu pada bulan April-Mei Tahun  2010 sebanyak 44 ibu hamil, dan keseluruhan populasi tersebut menjadi sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 44 responden dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dengan alat ukur kuesioner, dan skala ukur ordinal, teknik analisa menggunakan distribusi frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian dari 44 responden, ternyata 24 orang (54,55%) dalam kategori cukup, 13 orang (29,55%) dalam kategori kurang, 5 orang (11,36%) dalam kategori baik, dan 2 orang (4,54%) dalam kategori tidak baik. Secara keseluruhan pengetahuan ibu hamil dari 44 responden ternyata yang terbanyak 24 orang (54,55%) dalam kategori cukup. Kesimpulan dari hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang senam hamil secara keseluruhan dalam kategori cukup yaitu (54,55%). 
Kata Kunci : Pengetahuan, ibu hamil, senam hamil
Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s