Gambaran Pengetahuan Siswa SMA Kelas XI Tentang HIV/AIDS di SMA

Gambaran Pengetahuan Siswa SMA Kelas XI Tentang HIV/AIDS di SMA:

Latar Belakang Masalah : Kalangan remaja dunia, ibarat hidup dalam era HIV/AIDS. Setiap 14 detik, satu remaja terinfeksi virus HIV/AIDS.  Umumnya informasi yang dimiliki remaja mengenai kesehatan, pencegahan kehamilan, HIV/AIDS serta infeksi yang ditimbulkan akibat hubungan seks sangat kurang.  Dari hasil fenomena yang ada penulis tertarik untuk mengetahui “Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa SMA Kelas XI Mengenai HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Kalianda, Lampung Selatan tahun 2009” 
Tujuan Penelitian : untuk mengetahui gambaran pengetahuan siswa SMA kelas XI tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Kalianda, Lampung Selatan tahun 2009.
Metodologi penelitian : Desain Penelitian dilakukan secara deskriptif, dengan pendekatan cross sectional menggunakan data primer.  Dilakukan pada tanggal 22 Juli 2009 terhadap 154 orang responden dimana pengumpulan data menggunakan kuisioner kemudian dianalisa dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi pengetahuan.
Hasil Penelitian : Bahwa pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS secara keseluruhan adalah cukup yaitu sebanyak 79 siswa (51,3%).  Pengetahuan siswa mengenai pengertian HIV/AIDS termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 104 siswa (67,5%), mengenai etiologi HIV/AIDS dalam kategori kurang yaitu sebanyak 53 siswa (34,4%), mengenai penularan HIV/AIDS dalam kategori  baik yaitu 80 siswa (52%), mengenai pencegahan HIV/AIDS dalam kategori cukup yaitu 53 siswa (34,4%), mengenai informasi yang didapat siswa mengenai HIV/AIDS dalam kategori tidak baik yaitu 55 siswa (35,7%), dan mengenai sumber informasi yang diperoleh siswa tentang HIV/AIDS dimana sebanyak 60 siswa (39%) memperoleh informasi tentang HIV/AIDS dari televisi, dua orang siswa (1,3%) mengatakan memperoleh informasi dari radio, bahkan terdapat 2 orang siswa belum pernah mendengar tentang HIV/AIDS.
Kesimpulan : Setelah dilakukan perhitungan secara keseluruhan ternyata pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Kalianda yang  terbesar adalah kategori cukup (51,3%) dan yang terkecil adalah kategori baik (3,9%).  
Kata Kunci : Pengetahuan, Siswa SMA, HIV/AIDS
Kepustakaan : 23 (2000-2009)
Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s