Hal-Hal yang Mempengaruhi Produksi ASI

Hal-Hal yang Mempengaruhi Produksi ASI:

Makanan ibu
Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan ibu, apabila makanan ibu secara teratur dan cukup mengandung gizi yang diperlukan akan mempengaruhi produksi ASI, karena kelenjar pembuat ASI tidak dapat bekerja dengan sempurna tanpa makanan yang cukup.
Untuk membantu memproduksi ASI yang baik, makanan ibu harus memenuhi jumlah kalori, protein, lemak dan vitamin serta mineral yang cukup, selain itu ibu dianjurkan minum lebih banyak kira-kira 8 – 12 gelas sehari.
Ketenangan jiwa dan pikiran
Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh faktor kejiwaan, ibu yang selalu dalam keadaan tertekan, sedih, kurang percaya diri dan berbagai bentuk ketegangan emosional akan menurunkan volume ASI bahkan tidak terjadi produksi ASI. Ibu yang sedang menyusuipun jangan terlalu banyak dibebani oleh urusan pekerjaan rumah tangga, urusan kantor dan lainnya karena hal inipun dapat mempengaruhi produksi ASI. Untuk memproduksi ASI yang baik harus dapat keadaan yang tenang
Penggunaan alat kontrasepsi
Pada ibu yang menyusui bayinya penggunaan alat kontrasepsi hendaknya diperhatikan karena pemakaian kontrasepsi yang tidak tepat dapat mempengaruhi produkasi ASI.
Perawatan payudara
Perawatan payudara sebaiknya telah dimulai pada masa kehamilan dan pada saat menyusui.
Untuk ibu yang mempunyai masalah puting susu misalnya puting susu masuk ke dalam atau datar, perawatannya dilakukan pada kehamilan 3 bulan sedangkan apabila tidak ada masalah perawatan dilakukan mulai kehamilan 6 bulan sampai menyusui. (Depkes RI, 1993)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s