Hubungan Antara Tingkat Keparahan ISPA dengan Status Gizi Pada Anak Balita

Hubungan Antara Tingkat Keparahan ISPA dengan Status Gizi Pada Anak Balita:

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit terbanyak yang diderita oleh  balita, baik di negara berkembang maupun di negara maju. ISPA merupakan penyakit utama penyebab kesakitan dan kematian pada balita. Depertemen  Kesehatan  melaporkan  kunjungan  balita  penderita  ISPA  ke  sarana pelayanan kesehatan sebesar 40%-60% di Puskesmas dan 15%-20% di Rumah Sakit.
Untuk mengetahui hubungan tingkat keparahan ISPA dengan status gizi pada anak  balita  di  Kelurahan  Tangkahan  Kecamatan  Medan  Labuhan  tahun  2009, dilakukan  penelitian  deskriftif  analitik  dengan  disain  cross-sectional  dilanjutkan dengan  uji  statistik  chi  square.   Populasi  adalah  seluruh  balita  di  Kelurahan Tangkahan yaitu sebanyak 284 orang dengan  sampel 74 orang. Data karakteristik responden   dan   balita   diperoleh   dengan   wawancara   menggunakan   kuesioner. Kemudian, data ISPA diperoleh dari pemeriksaan napas cepat dan  gejala-gejala ISPA  yang dilakukan oleh petugas Puskesmas.
Hasil penilitian menunjukkan status gizi anak balita menurut indeks BB/U dan BB/TB berada dalam status gizi normal tetapi menurut indeks TB/U anak balita lebih  banyak  mempunyai  tinggi  badan  yang  pendek.  Anak  balita  paling  banyak menderita ISPA sedang dan frekuensi kejadian ISPA paling banyak satu kali dalam satu  bulan  terakhir.  Dapat  disimpulkan  bahwa   tidak  terdapat  hubungan  yang signifikan antara tingkat keparahan, lama menderita dan frekuensi  kejadian ISPA dengan status gizi pada anak balita berdasarkan indeks BB/U, TB/U dan BB/TB.
ISPA merupakan penyakit yang banyak diderita balita dan dapat berakibat pada kematian. Hendaknya orang tua terutama ibu membawa anaknya berobat jika menderita  ISPA.  Pemerintah  juga  hendaknya  memperhatikan  polusi  udara  yang ditimbulkan industri-industri di wilayah kawasan industri medan karena polusi udara sangat  mempengaruhi  kesehatan  warga  terutama  balita  yang  bertempat  tinggal disekitar wilayah industri tersebut.
Kata Kunci : ISPA, status gizi, balita
Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s