Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Terhadap Keikutsertaan dalam Kelas Ibu

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Terhadap Keikutsertaan dalam Kelas Ibu:

Di Kota Metro Program Kegiatan Kelas Ibu mulai disosialisasikan pada tahun 2006. Pada perkembangannya kelas ibu telah dilaksanakan pada tiap  dimana setiap kelurahan memiliki satu kelompok kelas ibu. Pemanfaatan kelas ibu hamil belum maksimal, hal ini dilihat dari jumlah kunjungan rata-rata per kelompok hanya 5-6 orang setiap bulannya, berdasarkan kondisi tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap keikutsertaan dalam  kelas ibu di Kelurahan Metro Wilayah Kerja Puskesmas Kota Metro tahun 2011”
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap keikutsertaan dalam kelas ibu di Kelurahan Metro Wilayah Kerja Puskesmas Metro Kecamatan Metro Kota Metro tahun 2011.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu hamil usia kehamilan 20-32 minggu yang berdomisili di Kelurahan  Metro yang berjumlah 35 orang dan sampel pada penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampelnya 35 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner yang kemudian akan dianalisa secara univariat menggunakan rumus distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan rumus chi square.
Hasil penelitian diperoleh bahwa frekuensi keikutsertaan  ibu sebagian besar dengan keikutsertaan  tidak aktif 20 responden (57,14%), frekuensi pengetahuan ibu sebagian besar dengan kategori kurang baik sebanyak 21 responden (60%), frekuensi sikap ibu yang mendukung 19 responden (54,29%) ada hubungan yang signifikan secara statistik antara pengetahuan ibu dengan keikutsertaan  ibu terhadap kelas ibu (nilai p= 0,02), ada hubungan yang signifikan antara sikap ibu dengan keikutsertaan  ibu terhadap kelas ibu (nilai p= 0,03). Kesimpulan dari penelitian ini adalah keikutsertaan ibu dalam kelas ibu di Kelurahan Metro Wilayah Kerja Puskesmas Metro tahun 2011 adalah tidak aktif, pengetahuan yang kurang baik, sikap yang mendukung dan ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan keikutsertaan dalam kelas ibu. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak tenaga kesehatan untuk lebih menggalaknya penyuluhan mengenai pelaksanaan kelas ibu menggunaan media brosur ataupun leaflet.
Kata Kunci : Kelas ibu, pengetahuan, sikap
Daftar Bacaan : 20 (1993-2008)
ABSTRACT 
In Metro City Program Mother Classes start socialized in 2006. On the development classes have been conducted in each capital where every village has one class group of mothers. Utilization of a class of pregnant women is not maximized, it is seen from the average number of visits per group only 5-6 people each month, based on these conditions, the authors are interested in doing research on the relationship of knowledge and attitudes of pregnant women towards participation in the class mother in the Village Metro at the working area of Health Center Metro City in 2011″.
This study generally aims to determine the relationship of knowledge and attitudes of pregnant women towards participation in the class mother in the Village Metro at the working area of Health Center Metro City in 2011.
This study uses analytic research design with cross-sectional study design. The population in this study all pregnant women age 20-32 weeks gestation who live in the Village Metro numbering 35 people, and the sample in this study using the method of sampling with total sample number 35 people. Data collection instrument used in this study a questionnaire which will then be analyzed using univariate by using frequency distribution formula and bivariate by using the chi square formula.
The results obtained that the frequency of participation of the majority of mothers with no active participation of 20 respondents (57.14%), the frequency of maternal knowledge of most of the less well with as many as 21 categories of respondents (60%), the frequency of maternal attitudes that support the 19 respondents (54.29 %) there was a statistically significant relationship between maternal knowledge with the participation of women of class women (p-value = 0.02), there is a significant relationship between maternal attitude to the participation of women of class women (p-value = 0.03). The conclusion of this study is the participation of mothers in mother's class at the working area of Health Center Metro City 2011 is not active, the less good knowledge, attitudes that support and there is a correlation between knowledge and attitude of the mother with mother's participation in the mother class. From these conclusions it is advisable for the health workers to more pro active to counseling regarding the implementation of mother-class media uses brochures or leaflets. 
Keywords : class mothers, knowledge, attitudes
Reading list : 20 (1993-2008)
Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s