Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu terhadap Pemberian MP-ASI Dini

Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu terhadap Pemberian MP-ASI Dini:

Makanan pendamping asi (MP-ASI) yaitu makanan yang diberikan kepada bayi bersama-sama dengan ASI. MP-ASI diberikan setelah usia 6 bulan karena cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh bayi yang didapat semasa dalam kandungan mulai menurun, sehingga diperlukan makanan tambahan selain ASI. Pemberian MP-ASI yang terlalu dini yaitu di bawah usia 6 bulan akan berdampak buruk bagi kesehatan bayi, karena sistem pencernaannya belum memiliki enzim untuk mencerna makanan sehingga memberatkan kerja pencernaan dan ginjal bayi. Selain itu, usus bayi belum dapat menyaring protein dalam jumlah besar sehingga dapat menimbulkan reaksi batuk, diare, kolik dan alergi. Tingkat pendidikan ibu yang rendah dan anggapan bahwa pemberian ASI masih kurang untuk memenuhi nutrisi bagi bayi merupakan alasan mengapa banyak ibu memberikan MP-ASI dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap pemberian MP-ASI dini di Kelurahan Candiretno Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu tahun 2011. Penelitian ini bersifat analitik, subjek penelitian yaitu Ibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan.. Sedangkan objek penelitiannya adalah hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan terhadap pemberian MP-ASI dini. 
Populasi pada penelitian ini yaitu 74 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah seluruh jumlah populasi (total sampling). Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan ibu sebagian besar rendah (47,30%) dan pengetahuan ibu tentang MP-ASI sebagian ebsar tidak baik (58,11%). Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan (X2hitung 11,248 > X2tabel 5,991) dan pengetahuan (X2hitung  8,401> X2tabel 3,841) terhadap pemberian MP-ASI dini. 
Kata Kunci : Hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan, pemberian MP-ASI Dini
Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s