Pengetahuan dan Sikap Bidan tentang Metode Kanguru

Pengetahuan dan Sikap Bidan tentang Metode Kanguru:

BBLR sering mengalami penyulit dan memberi resiko kematian yang tinggi. Penyulit yang sering  dihadapi adalah gangguan pernapasan dan hipotermi (suhu tubuh kurang dari 36,5  derajat  C),  sehingga  diperlukan perawatan di dalam inkubator.  Bayi  lahir dengan berat badan lahir rendah  merupakan salah satu faktor risiko yang mempunyai kontribusi terhadap kematian bayi khususnya pada masa perinatal.
Metode  kanguru  atau  perawatan  bayi  lekat  ditemukan  sejak  tahun  1983,  sangat bermanfaat  untuk  merawat  bayi  yang  lahir  dengan  berat  badan rendah baik  selama perawatan di rumah sakit ataupun di rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap bidan tentang metode
kanguru di Kecamatan Sibiru – biru tahun 2009. Penelitian ini bersifat deskriptif murni dengan  sampel   penelitian  35  bidan  dengan  menggunakan  metode  total  sampel. Penelitian dilakukan pada bulan  Maret  2009. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang meliputi data demografi dan kuesioner metode kanguru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas bidan mempunyai pengetahuan yang baik  tentang  metode kanguru  sebanyak  18  bidan (51,4%),  pengetahuan  cukub  baik tentang  metode kanguru sebanyak15 bidan (42,9%), dan pengetahuan kurang baik ada 2 bidan (5,7) serta mempunyai sikap yang baik dalam tindakan metode kanguru sebanyak 30 bidan (85,7%) dan sikap kurang baik dalam tindakan metode kanguru sebanyak 5 orang (14,3%).Perlu  peningkatan  pengetahuan  dan  sikap  bidan  dalam  metode  kanguru  melalui pemberian kesempatan bidan untuk mengikuti pelatihan ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang  yang lebih tinggi. Perlu  pengadaan  dan  peningkatan  penghargaan  kepada  para  bidan  sebagai  upaya memotivasi  mereka  dalam  melaksanakan  tugasnya  khususnya  pemberian  pelayanan metode kanguru.
Kata Kunci : Pengetahuan dan Sikap Bidan, BBLR, Metode Kanguru
Daftar pustaka 21 (2001 – 2008)
Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s