Perbandingan Pengetahuan Ibu Bersalin Multipara dan Primipara tentang Teknik Menyusui

Perbandingan Pengetahuan Ibu Bersalin Multipara dan Primipara tentang Teknik Menyusui:

Pencapaian ASI ekslusif provinsi Lampung 40,62%, pada tahun 2008 hanya mencapai 41,84% dengan target 60,5% pada tahun 2010 target ASI eksklusif untuk tingkat propinsi  40%, pencapaian ASI ekslusif 27% di tahun 2010, Sedangkan untuk pencapaian ASI ekslusif di Kota Metro belum optimal. Pada tahun 2007 18,71%, tahun 2008 18,33%, tahun 2009 mengalami peningkatan 49.95%. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya target ASI ekslusif dimana salah satu penyebabnya adalah pengetahuan ibu yang kurang tentang teknik menyusui yang benar.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan pengetahuan ibu bersalin multipara dan primipara tentang teknik menyusui di Rumah Sakit Umum Daerah A. Yani  Metro.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif komparatif dengan rancangan penelitian cross sectional, populasi pada penelitian ini adalah ibu multipara dan primipara yang bersalin di Rumah Sakit Umum Daerah A. Yani Metro pada bulan Juni – Juli 2011, yang berjumlah 30 orang (multipara dan primipara), sampel pada penelitian ini adalah total populasi. Data yang digunakan data primer, alat ukur yang digunakan checklist dengan pengukuran menggunakan angket. Analisa data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan rumus  chi square.
Hasil penelitian diperoleh bahwa distribusi frekuensi pengetahuan ibu primipara tentang teknik menyusui di Rumah Sakit Umum Daerah A. Yani Metro tahun 2011, sebagian besar dengan pengetahuan yang kurang baik yaitu (93.33%), dan pada ibu multi sebagian besar dengan pengetahuan yang baik yaitu (86,67%). terdapat perbedaan pengetahuan ibu multipara dan primipara tentang teknik menyusui di Rumah Sakit Umum Daerah A. Yani Metro tahun 2011, dengan hasil uji statistik  p value = 0,000 dan OR sebesar 91,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan pengetahuan antara ibu primipara dan multipara tentang tehnik menyusui. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak tenaga kesehatan untuk lebih menggalakkan penyuluhan mengenai tehnik menyusui khususnya pada ibu primipara.
Kata Kunci : Pengetahuan, primipara, multipara, tehnik menyusui.
Daftar Bacaan : 16 (1999-2009)
Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s