Tingkat Pengetahuan Mahasiswa D III Kebidanan Semester IV Tentang Teknik Pengisian Partograf

Tingkat Pengetahuan Mahasiswa D III Kebidanan Semester IV Tentang Teknik Pengisian Partograf:

Pendahuluan : Sebagian besar penyebab kematian dapat dicegah dengan penanganan yang adekuat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas kesehatan dalam menolong persalinan, seperti penggunaan partograf dalam persalinan yaitu alat bantu untuk membuat keputusan klinik, memantau, mengevaluasi dan menatalaksana persalinan.
Dari hasil pengamatan pada saat pre survey diperoleh 19 dari 30 orang mahasiswa yang ada (63,3%) tidak mengerti teknik pengisian partograf.  Sedangkan 11 orang mahasiswa lainnya (36,75%)  sudah mengerti teknik pengsian partograf. Dengan demikian jika presentase 63,3% besar kemungkinan mahasiswa D III Kebidanan Universitas Malahayati semester IV tahun 2009 belum mengerti tentang  partograf.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa D III Kebidanan Universitas Malahayati semester IV tentang partograf.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi 176 orang dan sampel diambil keseluruhan populasi, jadi jumlah sampel 176 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang dilakukan secara manual dengan menggunakan presentasi.
Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada mahasiswa DIII Kebidanan universitas malahayati semester IV secara keseluruhan 72,1 % berpengetahuan baik. Berdasarkan pengertian partograf adalah 72,8 %) berpengetahuan baik, untuk tujuan partograf adalah 72,8 % berpengetahuan baik, berdasarkan waktu penggunaan adalah 42,7 %) berpengetahuan baik, dan 90,0 %) berpengetahuan baik.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada mahasiswa DIII Kebidanan universitas malahayati semester IV secara keseluruhan 72,1 % berpengetahuan baik. Berdasarkan pengertian partograf adalah 72,8 %) berpengetahuan baik, untuk tujuan partograf adalah 72,8 % berpengetahuan baik, berdasarkan waktu penggunaan adalah 42,7 %) berpengetahuan baik, dan 90,0 %) berpengetahuan baik.
Kata Kunci : Pengetahuan, mahasiswa, partograf 
Kepustakaan : 11 (2002– 2009) 
Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s