Hubungan Pengetahuan dengan Motivasi Ibu Hamil Trimester III Melakukan Persiapan Persalinan di Desa

KTI SKRIPSI
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN MOTIVASI IBU HAMIL TRIMESTER III MELAKUKAN PERSIAPAN PERSALINAN DI DESA

ABSTRAK

Persiapan persalinan adalah usaha ibu hamil untuk menghadapi kelahiran bayi yang meliputi persiapan fisik, mental (psikologis) dan materi yang cukup agar kelahiran anak berjalan dengan lancar, menghasilkan ibu dan anak yang sehat. Persiapan persalinan difokuskan pada Trimester III karena merupakan oersiapan aktif menunggu kelahiran bayi dan menjadi orang tua. Munculnya perilaku untuk melakukan persiapan persalinan didukung oleh adanya motivasi untuk melakukan persiapan persalinan. Motivasi untuk melakukan persiapan persalinan dapat ditimbulkan dari pengetahuan tentang persiapan persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan dengan motivasi untuk melakukan persiapan persalinan di Desa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasi yang bersifat cross sectional yaitu suatu penelitian dimana variabel-variabel yang termasuk faktor resiko dan efek diobservasi sekaligus pada waktu yang sama. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau total sampling dengan sampelnya adalah seluruh ibu hamil trimester III Di Desa yang memenuhi kriteria inklusi yaitu sebanyak 15 orang, sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa korelasi bivariate dengan taraf signifikan 5 % dengan menggunakan rumus Spearman Corelation. Dari penelian ini didapatkan ibu hamil trimester III yang berpengetahuan baik sebesar 46, 67 % dan 40 % memiliki motivasi tinggi untuk melakukan persiapan persalinan. Dengan perhitungan Spearman didapatkan hitung sebesar 0, 721 dan  tabel (= 0, 05) sebesar 0, 522, sehingga  hitung >  tabel yang menunjukkan adanya hubungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan dengan motivasi melakukan persiapan persalinan.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Kehamilan Trimester III seringkali disebut periode menunggu dan waspada karena ibu sudah merasa tidak sabar menunggu kelahiran bayinya dan mulai khawatir dengan diri dan bayinya pada saat melahirkan. Pada saat itu juga merupakan saat persiapan aktif untuk menunggu kelahiran bayi dan menjadi orang tua (Sofie R. 2008).
Persiapan persalinan merupakan bagian terpenting dari proses persalinan yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan optimal menjelang persalinan dan segera dapat memberikan laktasi (Manuaba. 1998 : 141). Persiapan persalinan meliputi persiapan fisik, psikologis dan materi. Persiapan fisik merupakan persiapan yang berhubungan dengan aspek persiapan tubuh untuk mempermudah persalinan dan laktasi, persiapan psikologis adalah persiapan yang berhubungan dengan ketahanan mental terhadap rasa takut dan kecemasan serta aspek kognitif tentang persalinan sedangkan persiapan materi merupakan persiapan ibu dan keluarga untuk mendukung kelancaran persalinan dari aspek finansial (Christina I. 1999 : 21 ).
Persiapan persalinan hendaknya disiapkan sedini mungkin terutama difokuskan pada trimester III karena pada minggu-minggu terakhir kehamilan, waktu akan terasa begitu sedikit bahkan kadang-kadang tidak dapat dipastikan kapan persalinan akan terjadi. Persiapan persalinan bermanfaat agar ibu dan keluarga menjadi lebih siap dalam menghadapi proses persalinan, mencegah masalah potensial sedini mungkin, proses persalinan berjalan lancar, ibu mendapat asuhan yang sesuai dan tepat waktu serta yang terpenting adalah menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu dan bayi (Nada. 2008).
Munculnya perilaku untuk melakukan persiapan persalinan didukung oleh adanya motivasi untuk melakukan persiapan persalinan, yaitu alasan atau dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan seseorang berbuat sesuatu (Sunaryo. 2004 : 143). Motivasi sendiri dapat timbul dari pengetahuan, keyakinan atau kepercayaan akan manfaat, sarana yang ada dan adanya kebutuhan (Ardani Y. 2003 : 11).
Dari pendataan saat Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Desa pada tanggal 10-14 Maret terhadap 16 ibu hamil trimester III didapatkan data bahwa 7 ibu hamil dari 16 ibu hamil sudah mengetahui tentang konsep persiapan persalinan yaitu persiapan fisik, mental (psikologis), dan materi dan sayangnya hanya ada 3 orang yang sudah melakukan persiapan-persiapan tersebut sedangkan 4 ibu hamil lain belum melakukan persiapan apapun, kemudian Ibu hamil trimester III yang sudah mengetahui tentang persiapan persalinan berupa persiapan materi ada 4 orang dan semuanya sudah melakukan persiapan materi, sisanya 5 ibu hamil belum tahu dan belum melakukan persiapan persalinan apapun.
Oleh karena itu, peneliti berminat melakukan penelitian mengenai hubungan pengetahuan dengan motivasi ibu hamil trimester III melakukan persiapan persalinan di Desa
.
1.2. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, maka peneliti menarik suatu rumusan masalah penelitian sebagai berikut :
“Adakah hubungan pengetahuan dengan motivasi ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan melakukan persiapan persalinan di Desa ?”

1.3. Tujuan Penelitian
1.3.1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan dengan motivasi untuk melakukan persiapan persalinan.

1.3.2. Tujuan Khusus
1.3.2.1. Mengetahui pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan.
1.3.2.2. Mengetahui motivasi ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan.

1.3.2.3. Menganalisa hubungan pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan dengan motivasi untuk melakukan persiapan persalinan.

1.4. Manfaat Penelitian
1.4.1. Bagi Peneliti
Dapat menerapkan riset kebidanan mengenai hubungan pengetahuan ibu hamil Trimester III tentang persiapan persalinan dengan motivasi melakukan persiapan persalinan.
1.4.2. Bagi Tempat Penelitian
1.4.2.1 .Sebagai masukan dan bahan informasi bagi bidan setempat yang dapat digunakan untuk pemberian penyuluhan dan konseling mengenai persiapan persalinan pada saat antenatal care (ANC).
1 .4.2.2.Sebagai bahan masukan bagi masyarakat desa guna perencanaan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi tentang persiapan persalinan.
1.4.3. Bagi Institusi Pendidikan
Sebagai masukan untuk melaksanakan riset kebidanan selanjutnya.

silahkan download KTI SKRIPSI
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN MOTIVASI IBU HAMIL TRIMESTER III MELAKUKAN PERSIAPAN PERSALINAN DI DESA

KLIK DIBAWAH 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s