Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Post Partum Blues Sebelum dan Sesudah Penyuluhan

KTI SKRIPSI
PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG POST PARTUM BLUES SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN

ABSTRAK

Masa nifas merupakan masa transisi yang mana beberapa penyesuaian dibutuhkan oleh wanita dalam menghadapi aktivitas dan peran barunya sebagai ibu setalah melahirkan, baik dari segi fisik maupun segi psikologi. Gangguan¬gangguan psikologi dengan berbagai gejala yang oleh para peneliti atau klinisi disebut Post Partum Blues atau Baby Blues. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengetahuan ibu nifas tentang post partum blues sebelum dan sesudah penyuluhan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode komparasi dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling accidental yang dilakukan pada 17 responden di BPS Ny. Kota. Data diperoleh dari kuesioner dan diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 responden, pengetahuan Ibu nifas tentang Post Partum Blues sebelum diberi penyuluhan dan 5 responden (2 9%) yang memiliki pengetahuan baik dan sesudah diberi penyuluhan meningkat menjadi 12 responden (7 1%) maka pada pengetahuan yang berkategori baik ada peningkatan 42%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas hendaknya ibu hamil menambah informasi dan pengetahuan melalui berbagai media massa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi peran barunya sebagai ibu, sehingga post partum blues tidak terjadi pada ibu nifas.
Kata kunci : Ibu Nifas, Post Partum Blues dan Penyuluhan.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Periode post partum adalah masa enam minggu sejak bayi lahir sampai organ-organ reproduksi kembali ke keadaan normal saat sebelum hamil dan setelah melahirkan. Perubahan besar pada ibu post partum terjadi pada tubuh, jiwa dan pikiran ibu. (Bobak, 2004 : 492)
Masa post partum merupakan masa transisi yang mana ibu menyesuaikan pola kehidupannya untuk menyatukan kebutuhan bayi. Banyak ibu memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman merawat bayi baru lahir dan mungkin merasa dibanjiri oleh tanggung jawab. Mereka akan sangat peka terhadap tiap anjuran, mudah bingung, dan menderita dengan nasehat yang berlawanan atau dianggap keliru. Pentingnya menyadari bahwa penyesuaian diri secara psikologi ibu berubah-ubah dan bertahap yang menyita waktu. ( Bennet & Brown, 1996. Dikutip Depkes. 2000 ).
Beberapa penyesuaian dibutuhkan oleh wanita dalam menghadapi aktivitas dan peran barunya sebagai ibu setelah melahirkan, baik dari segi fisik maupun segi psikologi. Sebagian wanita berhasil menyesuaikan diri dengan baik, tetapi sebagian lainnya tidak berhasil menyesuaikan diri dan mengalami gangguan-gangguan psikologi dengan berbagai gej ala yang oleh para peneliti atau klinisi disebut Post Partum Blues atau Baby Blues. (http://.mitrakeluarga.com/kemayoran/kesehatan005 .htm). Keadaan ini kadang disebut sebagai “Day 4 Blues” karena sangat sering terjadi pada hari ke-4 meskipun juga dapat muncul pada hari ketiga atau kelima setelah melahirkan. (Fiona, 2004:25).
Diperkirakan sekitar 5 0-70% ibu melahirkan menunjukkan gej ala¬gej ala awal kemunculan depresi post partum blues, walaupun demikan gej ala tersebut dapat hilang secara perlahan karena proses adaptasi dan dukungan keluarga yang tepat. (http://www.pikirdong.org/psikologi/psi). Banyak ibu yang “ berjuang ” sendiri dalam beberapa saat setelah melahirkan. Mereka merasakan ada suatu hal yang salah tetapi mereka sendiri tidak mengetahui apa yang sedang terjadi.
(http://.mitrakeluarga.com/kemayoran/kesehatan005 .htm).
Gangguan pikologis pada ibu yang tidak ditangani menunjukkan adanya hubungan perkembangan kognitif, emosi, dan masalah-masalah sosial pada anak. Depresi yang tidak ditangani dapat menjadi gangguan mood kronis dan sulit untuk disembuhkan. (Linda. 2005 : 508)
Peranan penting untuk mempersiapkan para wanita yang kemungkinan terjadinya gangguan mental pasca-salin dan segera memberikan penanganan yang tepat bila terjadi gangguan tersebut, bahkan merujuk para ahli psikologi / konseling bila memang diperlukan. Dukungan yang memadai dari petugas obstetri, yaitu : dokter, bidan atau perawat sangat diperlukan. (http://.mitrakeluarga.com/kemayoran/kesehatan005 .htm).
Berdasarkan data hasil studi pendahuluan bulan Juni 2009 di BPS Ny. Siti Desa Kec. didapatkan 20 ibu nifas. Dari hasil wawancara dengan 18 orang ibu nifas terdapat 15 (75%) ibu nifas yang belum mengerti tentang post partum blues, dan 3 (15%) ibu nifas mengerti tentang post partum blues dimana informasi tersebut didapatkan dari media masa dan membaca buku – buku tentang kehamilan.
Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Post Partum Blues Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di BPS Ny. Siti Desa  Kecamatan.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut:
Adakah Perbedaan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Post Partum Blues Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di BPS Ny. Siti di Desa Kecamatan Kota?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Untuk mengidentifikasi Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Post Partum Blues Sebelum dan Sesudah Penyuluhan di BPS Ny. Siti Desa Kecamatan Kota.

1.3.2 Tujuan Khusus
a.    Mengidentifikasi pengetahuan ibu nifas tentang Post Partum Blues sebelum penyuluhan di BPS Ny. Siti Desa Kec. Kota.
b.    Mengidentifikasi pengetahuan ibu nifas tentang Post Partum Blues sesudah penyuluhan di BPS Ny. Siti Desa Kec. Kota.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi Peneliti
Menambah pengetahuan dan pengalaman untuk menganalisis fenomena yang ada di masyarakat.
1.4.2 Bagi Tempat Penelitian
Sebagai bahan masukan untuk meningkatkan pelayanan kebidanan kepada ibu nifas terutama dalam memberikan penyuluhan pada ibu nifas tentang Post Partum Blues.
1.4.3 Bagi Responden
Dapat menambah pengetahuan dan wawasan ibu nifas tentang Post Partum Blues sehingga ibu mengerti dan dapat merubah perilaku ibu dengan benar.
1.4.4 Bagi Institusi
Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan studi literatur dalam penelitian selanjutnya.

silahkan download KTI SKRIPSI
PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG POST PARTUM BLUES SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN

KLIK DIBAWAH 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s