Gambaran Faktor Resiko Hipertensi di Puskesmas

KTI SKRIPSI
Gambaran Faktor Resiko Hipertensi di Puskesmas

BAB I
PENDAHULUAN

I.1.    Latar Belakang
Hipertensi adalah faktor risiko utama penyakit-penyakit kardiovaskular yang merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Data penelitian Departemen Kesehatan RI menunjukkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular masih cukup tinggi dan bahkan cenderung meningkat seiring dengan gaya hidup yang jauh dari perilaku hidup bersih dan sehat, mahalnya biaya pengobatan hipertensi, disertai kurangnya sarana dan prasarana penanggulangan hipertensi.(1)
Berdasarkan laporan WHO dan CDC (2002), diperkirakan penderita hipertensi di seluruh dunia berjumlah 600 juta orang, dengan 3 juta kematian setiap tahun. Di Amerika diperkirakan 1 dari 4 orang dewasa menderita hipertensi, dan stroke merupakan masalah utama. Oleh sebab itu, Amerika telah mengharuskan penduduk yang berusia di atas 20 tahun untuk memeriksakan tekanan darahnya minimal 1 kali dalam 2 tahun.(2)
 Adapun data yang diperoleh peneliti dari  Puskesmas Kabupaten dimana penyakit hipertensi pada tahun 2007 berjumlah 614 orang, 2008 sebanyak 811 orang dan tahun 2009  sebanyak 908 orang kunjungan hipertensi dan menduduki peringkat ke 3 dari 10 distribusi penyakit di Puskesmas Kabupaten (3)
 Oleh karena itu berdasarkan hal tersebut diatas maka peneliti tertarik untuk mengetahui  gambaran faktor resiko hipertensi di Puskesmas Kabupaten

I.2.    Rumusan Masalah
 Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah tersebut di atas dapat dirumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: “bagaimanakah gambaran faktor resiko hipertensi di Puskesmas Kabupaten ?

I.3.    Tujuan Penelitian
1    Tujuan umum
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  mendapatkan gambaran faktor resiko hipertensi di Puskesmas Kabupaten
2    Tujuan khusus
a.    Mengetahui gambaran umur dengan hipertensi  .
b.    Mengetahui gambaran jenis kelamin dengan hipertensi
c.    Mengetahui gambaran  obesitas dengan hipertensi
d.    Mengetahui gambaran  merokok dengan hipertensi ..

I.4.    Manfaat Penelitian
1.    Bagi instansi Puskesmas Kabupaten     Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi yang dapat membantu tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan yang optimal  di Puskesmas Kabupaten .
2.    Bagi pendidikan
    Dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya.
3.    Bagi peneliti
Sebagai pengalaman yang sangat berharga dan dapat menambah wawasan peneliti mengenai karakterstik faktor resiko penyakit hipertensi  .

silahkan download KTI SKRIPSI
Gambaran Faktor Resiko Hipertensi di Puskesmas

KLIK DIBAWAH 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s