Pelaksanaan Manajemen Keperawatan terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan di RS

KTI SKRIPSI
Pelaksanaan Manajemen Keperawatan terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan di RS

ABSTRAK

Manajemen sebagai proses untuk melaksanakan  pekerjaan melalui upaya orang lain, manajemen keperawaan suatu tugas yang harus dilaksanakan oleh pengelola keperawatan untuk merencakan, mengorganisikan, menggarahkan serta mengawasi sumber-sumber yang ada baik sumber  daya manusia  atau pun dana, sehingga  dapat memberi pelayanan keperawatan yang efektif baik kepada pasien, keluarga dan masyarakat. Keperawatan merupakan  model profesional dalam memenuhi kebutuhan  dasar yang diberikan kepada individu  baik sehat maupun sakit yang mengalami gangguan  fisik, sosial agar dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit  yang dimulai pada tanggal 24-27 Mei populasi dalam penelitian ini adalah perawat-perawat  yang ada  di lantai I, III, IV dan V berjumlah 20 perawat yang diambi secara acak sampel dalam penelitian menggunakan tehnik porposive sampel yaitu perawat-perawat yang dinas pagi yang berada di lantai I, III, IV dan V di Rumah Sakit yang berjumlah 20 perawat. Instrumen yang digunakan   yaitu kuesioner  dalam  bentuk   tabel distribusi frekuensi. Dari hasil  penelitian yang diperoleh bahwa mayoritas  responden menyatakan bahwa yang  melaksanakan  manajemen  keperawatan di Rumah  Sakit  baik.  Hal tersebut dikarenakan manajemen keperawatan di rumah Sakit tersebut ditata, diatur dengan baik. Dengan demikian peneliti menyarankan kepada tim pelaksanaan manajemen  keperawatan agar tetap mempertahankannya atau lebih dtingkatkan lagi  apa yang ada sekarang ini.
Kata Kunci         : Manajemen Keperawatan, Mutu Pelayanan Keperawatan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang
Istilah  manajemen  berasal dari kata management (bahasa Inggris) turun dari kata ”to Manage” yang artinya mengerus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manager “orangnya” mengatur, membimbing dan memimpin semua orang  yang menjadi pembantunya  agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen  juga dapat diartikan lagi proses perencanaan, pengorganisasiaan, pengarahan dan pemantaun berbagai upaya dari anggota, organisasi dan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen  diartikan secara singkat  sebagai proses untuk melaksanakan pekerjaan melalui upaya orang lain. Sedangkan  manajemen keperawatan sendiri diartikan secara singkat sebagai proses  pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk memberi asuhan keperawatan. Pengobatan dan rasa  aman  kepada pasien, keluarga, masyarakat. (Syafruddin, SKM. M. Kes. 2009)
Manajemen keperawatan adalah suatu  tugas khusus yang  harus dilaksanakan oleh pengelola  keperawatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan serta mengawasi sumber-sumber yang ada baik sumber daya manusia, atau pun dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif. Baik kepada pasien keluarga dan masyarakat. (Suyanto, SKP. M. Kep 2008)
Keperawatan adalah model pelayanan profesional dalam memenuhi  kebutuhan dasar yang diberikan kepada  indivudi baik sehat maupun sakit yang mengalami gangguan, fisik, psikis, sosial agar dapat mencapai derajat kesehatan yang optimal. (Nursalam, 2009)
Mutu adalah meurpakan suatu proses pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen  baik internal maupun eksternal. (Al Azzap, 2009)
Pelayanan keperawatan  adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada individu  yang sedang sakit untuk dapat memenuhi kebutuhannya, sebagai makhluk hidup yang  beradaptasi terhadap stress dengan menggunakan potensi yang ada pada diri individu  itu sendiri.
 Rumah  sakit merupakan suatu tempat untuk melaksanakan upaya peningkatan kesehatan, mencegah  dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan. Masyarakat telah menganggap bahwa rumah sakit  adalah harapan terakhir bagi orang  yang sedang sakit. Bahkan ada sebagian masyarakat  yang berperilaku untuk segera berobat kerumah sakit hanya jika mereka menderita suatu penyakit tertentu. Peningkatan mutu sebagai salah satu upaya merupakan tujuan dasar dari pelayanan keperawatan, yakni melindungi pasien, tenaga kesehatan dan organisasi tersebut. Adapun perubahan sosial budaya  masyaraka dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan  pengetahuan demikian cepat. Serta diikuti oleh tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih baik, mengharuskan sarana pelayanan kesehatan untuk mengembangkan diri  secara terus menerus seiring dengan perkembangan yang ada  pada masyrakat tersebut. Oleh sebab itu setiap rumah sakit maupun puskesmas seharusnya meningkatkan penampilan masing-masing secara terencana sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan  masyarakat agar dapat terus berkembang. (M. Fais Satrianegara, 2009)
Hal yang  membuat peneliti tertarik dalam mengambil judul “Pelaksanaan Manajemen Keperawatan  terhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan” bahwasanya keperawatan di Indonesia dimasa depan perlu mendapatkan prioritas  utama dalam  meningkatkan mutu pelayanan keperawatan khususnya di negara kita Indonesia.

1.2.    Rumusan  Masalah
Dari latar belakang didapatkan perumusan masalah yaitu bagaimana “Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan di R.S.U.

1.3.    Tujuan Peneliti
1.3.1.    Tujuan Umum
Untuk Mengetahui Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan  Keperawatan di R.S.U
1.3.2.    Tujuan Khusus
1.    Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan proses
2.    Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan prinsif
3.    Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan kerangka konsep dan pilosofi
4.    Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen keperawatan berdasarkan fungsi
5.    Untuk mengetahui peningkatan mutu pelayanan keperawatan berdasarkan strategi

1.4.    Manfaat Penelitian
1.    Bagi Rumah Sakit
Hasil penelitian ini dapat digunakan mengevalusi manajemen keperawatan yang sudah  ada  dengan maksud untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan  mutu pelayanan  keperawatan di R.S.U.
2.    Bagi Institusi Akper Harapan Mama
Sebagai informasi /  sumber bacaan di perpustakaan  Akper  dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan agar lebih baik  kedepan khususnya dalam  bidang manajemen keperawatan
3.    Bagi Peneliti Sendiri
Sebagai ilmu pengetahuan dan tambahan ilmu khususnya dibidang keperawatan tentang   pelaksanaan  manajemen  keperawatan di R.S.U
4.    Bagi Penelitian Lainnya
Sebagai masukan bagi peneliti lainnya yang ingin  meneliti tentang  penelitian yang berkaitan dengan ”Pelaksanaan  manajemen keperawtan terhadap peningkatan  mutu pelayanan keperawatan di Rumah  Sakit.
Perawat dituntut selalu  melaksanakan asuhan keperawatan dengan benar atau rasional dan baik atau etika. Hal ini berkaitan dengan  tuntutan  profesi dan tuntutan global. Mengingat setiap  perkembangan  dan perubahan memerlukan pengelolaan yang profesional setiap mempertahankan setiap perubahan yang terjadi di Indonesia.
(Nursalam, 2009)
Berdasarkan  latar belakang diatas penulis tertarik mengambil ”Pelaksanaan Manajemen Keperawatan Terhadap Peningkatan Mutu  Pelayanan Keperawatan di R.S.U.

silahkan download KTI SKRIPSI
Pelaksanaan Manajemen Keperawatan terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan di RS

KLIK DIBAWAH 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s